Catatanku | Pondok Muslimah | Free Skin 




End oggix.com ShoutBox -->
Widget_logo



Kabarku dari Twitter



    Monday, January 30, 2006

    Do'a Akhir dan Awal Tahun (1426 - 1427)


    Do'a Akhir Tahun 1426 H
    Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Cukuplah Allah menjadi sandaran kami, dan Allah adalah sebaik-baik pelindung, Pemberi nikmat dan Penolong. Maha suci Allah sepenuh timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridhoan, dan timbangan 'arsy. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari Allah melainkan hanya kepada-Nya. Maha suci Allah sebanyak hitungan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna, kami memohon keselamatan dengan rahmat-Mu, ya Tuhan Yang Paling Penyayang. Dan tiada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Luhur dan Maha Agung. Dialah Allah yang cukup menjadi sandaran bagi kami, dan Dia adalah sebaik-baik Pelindung. Pemberi nikmat dan penolong. Semoga shalawat dan salam kami tetap dilimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sabahatnya.

    Do'a Awal Tahun 1427
    Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, Engkau adalah Dzat Yang Kekal, Dahulu dan Awal. Hanya dengan anugerah dan kemurahan-Mu yang agung, telah datang tahun baru. Di tahun baru ini kami memohon pemeliharaan-Mu dari setan, kekasihnya dan tentaranya, dan kami memohon pertolongan-Mu atas hawa nafsu yang mengajak kepada kejelekan dan kami memohon kesibukan dengan perbuatan yang dapat mendekatkan diri kami pada-Mu, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan karunia. Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan atas Nabi Muhammad, keluarga, dan sahabatnya.

    Do'a pribadi :
    .... ..... ....... .. .... ... ..... .. .. ..... ... .... .. ... .. ..... ..... .... ........... .......... ... ... .... .. ... ... ..... ...... ......... .... ..... .... ..... ... . ..... ... ... .... ...
    Amin ya Robbal 'alamin.

    (Di'amin'kan ya rame-rame ^_^)

    0 Komentar:

    Post a Comment


    Wednesday, January 25, 2006

    Kamar dan Penunggunya


    Ini nih gambar kamar dan penunggunya. Serasi ya (gambar udah diedit, kasian kan kalau disuruh berdiri aja di sini, bolehlah jalan2) ^_^
    Kamar ini berisi tempat tidur, rak buku, meja rias (ga pake kursi biar ga lama-lama bersoleknya), dan lemari pakaian. Perabotan yang cukup umum. Kamar bernuansa coklat kayu n hijau. Warna-warna yang natural. Hijau merupakan warna yang menenangkan, membuat adem. Cocok dengan tujuan kamar, yaitu tempat istirahat. Aksesoris tambahan, ada boneka teddy bear yang jarang kusentuh (udah ada sejak sma), bunga matahari, beberapa pigura gambar, dan tong sampah kecil. Bunga matahari berwarna kuning, warna yang melambangkan keceriaan, menambah semangat di pagi hari.

    Kamarku ini sekarang relatif tenang dan jarang ganti-ganti suasana. Sewaktu kuliah dulu, aku paling sering ngobak-ngabik kamar tuk ganti suasana. Pindah-pindahin perabot, kecuali lemari pakaian, berat sih, hehehe. Kalau dulu, anggota kamar lebih banyak, ada meja tulis kecil, bukan meja belajar, trus ditambah meja gambar. Taulah meja gambar segitu gede, makan banyak tempat. Tempat tidur juga beda. Dulunya cuma selembar kasur yang dibentang di lantai, biar kamar ga sempit. Kayak anak kos aja. Gitu memang lebih asik. Kalau capek tinggal geser dikit, langsung tiduran. Kamarku ini dulunya sering diserbu teman-teman kuliah, dijadiin tempat ngerjai tugas barengan, begadang bareng, atau sekedar ngobrol-ngobrol diskusi. Lebih baik kalau kasur dibentang gitu aja, seluruh kamar jadi tempat tidur. Banyak sekali kenangan yang sudah terukir di kamar ini ^_^ Alhamdulillah.

    Selain rajin pindah-pindahin perabot, juga rajin menghias kamar. Dinding-dinding jadi tempat praktek, hehehhe. Kalau lagi pengen ganti warna kamar, tinggal dicat. Ngecat kamar sendiri, jadi bisa berkreasi sendiri. Warna yang kupilih adalah biru muda. Atau bikin kerajinan tangan. Kalau udah muncul ide ngutak-ngatik gini, bisa betah seharian di kamar.

    Sebenarnya tanganku sekarang juga lagi 'gatal' pengen coret-coret dinding kamar. Kebetulan abangku baru ngecat ulang rumah barunya dengan warna hijau muda. Ada sisanya, banyak, cocok banget dengan warna kamarku. Aku pengen ngecat kamar dengan teknik spons atau teknik guratan kayu. Tapi, lom ketemu waktu yang pas.

    Beberapa do'a yang biasa mengiringi kegiatan di dalam kamr:

    1. Memakai Pakaian
    Alhamdulillahil ladzii hasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghayrii haulim minnii wa laa quwwah
    "Segala puji bagi Allah yang telah mengenakan (pakaian) ini kepadaku dan menganugerahkannya kepadaku tanpa tergantung pada upaya dan kekuatanku." [HR. Ibnu Sunni]

    2. Melepas Pakaian
    Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaahuwa
    "Dengan menyebut nama Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia." [HR. Ibnu Sunni]

    3. Bercermin
    Alhamdulillaah, Allaahumma kamaa hassanta khalqii fa hassin khuluq
    "Segala puji bagi Allah, Ya Allah, sebagaimana Engkau perindah wajahku, perindah pulalah akhlaqku." [HR. Ahmad]

    4. Sebelum Tidur
    Bismika Allaahumma ahyaa wa bismika amuutu
    "Dengan menyebut nama-Mu, ya Allah, aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati." [HR. Bukhari dan Muslim]

    5. Bangun tidur
    Alhamdulillaahil ladzii ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur.
    "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami; dan hanya kepada-Nyalah tempat kembali." [HR. Bukhari dan Muslim]

    6. Masuk WC
    Bismillah Allaahumma innii a'udzubika minal khubutsi wal khubaits
    "Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan." [HR. Bukhari dan Muslim]

    7. Keluar WC
    Ghufraanak
    "(Aku memohon) pengampunan-Mu." [HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah]

    8. Selesai membaca Al-Quran
    Subhaanakallaahumma wa bi hamdik, asyhadu al laa illaa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik
    "Mahasuci Engkau, ya Allah, dan dengan segala puji-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Engkau. Aku mohon ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu." (HR. Tirmidzi, Nasa'i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah]




    5 Komentar:

    Anonymous Anonymous berkata...

    wah akhirnya yg punya rumah nongol jg... :)

    --siapa ya...

    26 January, 2006 15:43  
    Anonymous rini berkata...

    @yang di atas, pippip ya?
    Oh ya, selamat atas walimahannya.

    30 January, 2006 10:52  
    Anonymous sha balado berkata...

    wah.. banyak boneka dst... dari lahir/kecil selalu di kamar inikah? Wah aku karena suka pindah2an dr kecil.. semua memorabilia kecil sudah hilang bersama seringnya pindahan :(

    30 January, 2006 11:58  
    Anonymous irvan berkata...

    wah kamarnya suka warna ijo ya... kirain belang2...:-P :-P

    06 February, 2006 16:02  
    Blogger rini as berkata...

    buat yang seneng manjangi lidah,
    belangnya warna default tuh : 'pink muda + biru muda' hehehhe, pengen ^_^
    Tapi, norak ya kayaknya.

    11 February, 2006 17:27  

    Post a Comment


    Friday, January 20, 2006

    Tentang myQuran ver 1.1

    Sebenarnya hari ini online sebentar aja. Niatnya cuma mau ambil data yang udah dikirim teman, Tandy. tapi, kalau udah online, ga sah rasanya kalau ga klik url http://myquran.org/forum/index.php? Mulai dari ngecek PM yang masuk. Lihat-lihat forum yang jadi tanggung jawabku, Forum Curhat n Fenopri (Fenomena dan Problematika Remaja Indonesia).

    Belakangan ini Fenopri relatif aman dan terkendali. Tema 'pacaran' bukan lagi tema yang hot. Tema yang dibahas sudah cukup beragam. Yah, semua hal yang biasa dihadapi remaja Islam di Indonesia. Berbeda dengan Forum Curhat. Forum ini pergerakannya cukup cepat. Setiap harinya banyak thread baru dan dalam sehari bisa sampai belasan thread dengan postingan baru. Ckckckck. Apakah itu berarti myQers banyak masalah? Moga bukan. Aku pribadi berharap ga banyak thread di Curhat, berarti myQers ga banyak yang dapat masalah. Selain itu, Curhat juga rentan dengan Virus Merah Jambu (VMJ). Udah banyak myQers yang jadi korban. Terakhir, moderator Obmus dan mod Agenda Kerja yang jadi korban. Sebentar lagi kayaknya ada korban selanjutnya, tapi moga si TS engga menyebutkan nama akhwatnya. Selain tembak-tembakan, forum ini juga sering dijadikan media ucapan perpisahan / pengunduran diri. Hiks . .. . .

    Aku jadi ingat saat-saat pertama join di myQuran. Aku diajak teman kerja (tahun 2001), namanya Nissa. Pada awalnya aku belum tertarik. Hampir tiap hari kulihat tampilan web warna ijo di monitornya Nissa. Lama kelamaan penasaran juga, heran kenapa teman-teman akhwat begitu semangat dengan myQuran. Setelah dibaca-baca, ternyata asik juga. Kira-kira awal tahun 2002 aku join di myQuran dengan ID riniaisyah.

    Join di myQuran versi baru sejak Agustus 2004 setelah diberi tahu Kiman (kita_manusia) kalau myQ udah online lagi. Jadi deh kami saudara kembar, maksudnya join di myQ di hari yang sama. Kiman tuh juluki aku 'my funny enemy'. Tapi, setelah Agustus 2004, kami ga pernah lagi debat-debatan di forum. Kayaknya aura myQ yang baru udah beda.

    Walaupun join bulan Agustus, tapi aku ga langsung aktif. Awalnya masih rada males tuk main di myQ. Kalau ga salah, hingga bulan Januari 2005, jumlah postinganku masih di angka belasan. Aku mulai aktif sejak seorang myQers minta dicomblangi dengan akhwat Medan. Nah lo, bingung kan .... Yah, kucoba aja tuk mengenalkannya dengan seorang temanku yang memang satu sekolah dengannya dulu di smansa. Gak berhasil... Tapi, mereka cukup akrab juga jadinya. Memang aku belum pernah berhasil nyomblangi orang, ga jodohnya ya....

    Setelah itu, aku jadi sering main ke myQuran. Bisa dibilang, aktif di myQuran sejak Januari 2005. Lama-kelamaan dapat teman-teman baru, gak cuma kenal dengan kiman n hasanudin aja. Ada Vina_S, matahari, aida, bidadari_metamorfosis, dll. Asik bikin avatar buat teman-teman, ujung-ujungnya diangkat jadi myQer Kontributor di bulan Februari. Dapat tanggung jawab tuk buat flyer, banner, n avatar temen-temen. Bulan Maret dapat tanggung jawab baru tuk memoderasi dua forum, Curhat n Fenopri. Yes, makin terikat kontrak dengan myQuran.

    Aku pernah ngajak beberapa teman kantor (dulu) n abangku tuk join di myQ. Aku berhasil ngajak Bang Dodo n abangku, tapi ga berhasil ngajak Bang D. Itupun, sampai sekarang jumlah postingan mereka kayaknya ga beranjak dari angka 1, hehhehe .....

    bersambung

    0 Komentar:

    Post a Comment


    Saturday, January 07, 2006

    Bunda


    Senyumanmu
    Menjadi penyemangat bagiku
    Mata teduhmu
    Menentramkanku dari ketakutanku
    Usapan lembut jemarimu
    Menenangkanku di kala gundah
    Suara candamu
    Menjadi teman pemecah kesunyianku

    Bunda
    Dekap aku malam ini
    Tuk mengubur rasa sedihku
    bunga untuk bunda

    Bunda
    I love you
    Selamat hari ulang tahun pernikahan ke-33

    0 Komentar:

    Post a Comment


    Formalin

    Apa itu formalin?
    Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk. Di dalam formalin terkandung sekitar 37% formaldehid dalam air. Biasanya ditambahkan metanol hingga 15% sebagai pengawet.Formalin dikenal luas sebgai bahan pembunuh hama (desinfektan) dan banyak digunakan dalam industri. Sejauh ini, pemanfaatannya tidak dilarang namun setiap pekerja yang terlibat dalam pengangkutan dan pengolahan bahan ini harus ekstra hati-hati mengingat risiko yang berkaitan dengan bahan ini cukup besar. [sumber = FORMALIN]
    Ratih kembali menegaskan bahwa formalin lazim digunakan untuk mengawetkan jenazah di kamar-kamar jenazah rumah sakit dan antiseptik mikroba untuk pabrik-pabrik nonpangan, seperti plastik dan lainnya. ''Formalin sama sekali tidak boleh dipakai dalam pangan,'' paparnya. Ia mengatakan jika digunakan pada pangan, dan dikonsumsi oleh manusia akan menyebabkan beberapa gejala di antaranya adalah tenggorokan terasa panas, kanker yang padaakhirnya akan mempengaruhi organ tubuh lainnya, serta gejala lainnya.

    Ratih juga memaparkan ciri-ciri fisik yang dapat diamati padaproduk-produk makanan yang mengandung formalin.''Kita bisa mengamati pangan yang mengandung formalin, terutama produk basah, yaitu bentuk fisik kaku, dan bila formalinnya yang terkandung banyak, maka akan memiliki bau yang begitu menyengat,'' paparnya. Namun, ciri-ciri fisik itu tidak akan terdeteksi jika kandungan formalin yang terdapat dalam makanan itu memiliki dosis yang rendah. ''untuk permasalahan ini, kita memerlukan uji laboratorium, karena secara fisik tidak dapat dirasakan dengan pancaindera,'' ujarnya.

    [Sumber = Formalin pada Makanan Bersifat Permanen ]
    Memang, Indonesia aneh bin ajaib. Masa sih pengawet non makanan bisa dikonsumsi untuk makanan? Ini nih ada pengakuan dari pengguna formalin:
    Paijan mengeluh, penggunaan formalin di industri tahu merupakan salah satu dampak dari tidak adanya bahan pengawet aman yang menyamai formalin. "Sejak dulu tidak ada penyelesaian dari Pemerintah, makanya formalin tetap digunakan," katanya. [Sumber = PRODUSEN TAHU BERALIH DARI FORMALIN KE SENYAWA BENZOAT]
    Berbeda dari peraturan yang sudah dikeluarkan oleh BPOM :
    Penggunaan formalin untuk mengawetkan makanan sesungguhya telah dilarang sejak tahun 1982. Hal ini dikuatkan dengan Undang-Undang No 7/1996 tentang Perlindungan Pangan. Menurut Mahasiswi S3 Kelautan IPB Bogor ini, pengendalian penggunaan formalin bagi makanan seharusnya dilakukan dengan memperketat penjualan formalin. "Formalin harusnya jangan dijual bebas," ungkapnya. [Sumber = Awas Formalin di Makanan Kita]
    Lengkapnya bisa dibaca di Keterangan Pers Badan POM Nomor : KH.00.01.1.241.002 tentang Penyalahgunaan formalin untuk pengawet mie basah, tahu dan Ikan

    Formalin ini memang baru terlihat dampak negatifnya beberapa tahun mendatang. Kadar formalin di makanan juga tidak dapat dihilangkan.
    Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bandar Lampung Hj. Sri Utami Ekaningtyas, di Bandar Lampung Sabtu (24/12) mengatakan, formalin pada produk tersebut tidak dapat dinetralisasi. Menurut Sri, pihaknya telah berupaya menghilangkan kandungan formalin dengan mencuci dan merendam produk makanan tersebut dengan air panas bersuhu 80 derajat Celsius selama lima hingga sepuluh menit. "Meski ada penurunan kadar, namun masih terdapat kandungan formalin. Jadi, disimpulkan kandungan formalin tidak bisa dihilangkan," katanya. [Sumber = Formalin di Makanan tak Bisa Dihilangkan]
    Jadi, mesti hati-hati nih. Moga kadar formalin yang kumakan selama ini [secara tidak sengaja karena ga tau] engga berkadar tinggi sehingga menimbulkan penyakit di kemudian hari. Amin.

    0 Komentar:

    Post a Comment


    Monday, January 02, 2006

    Nikmat


    Maka, nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?

    do'aBersimpuh di hadap-Mu
    Mohon ampunan dosa-dosa dan kesalahan
    Setiap ucapan dan janji pada-Mu yang tak bisa kupenuhi
    Tiap napas yang kuhembus tanpa menyebut asma-Mu
    Kala mata melihat hal yang tak Kau sukai
    Ketidakmampuanku menahan napsu
    Bila mata menyaksikan kezaliman dan kemungkaran
    Namun, aku tiada bergeming untuk mengubahnya
    Banyak kesalahan, kelalaian, dan dosa yang telah kuperbuat

    Tapi...
    Setiap langkahku
    Aku terus berharap
    tuk mendapatkan selalu
    dan selalu....
    Apa yang kuinginkan
    Nikmat-Mu yang terus kuharapkan
    Bertambah selalu

    Ya Rabbi...
    Maluku pada-Mu

    Katakanlah, "Jika kamu mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mencintai dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." [QS. Ali Imran : 31]

    7 hal yang dapat menurunkan cinta pada Allah dan menimbulkan ketidakmampuan menahan diri dari kemilau dunia :

    1. Pergaulan yang tidak baik dan tidak berguna;
    2. Banyak berangan, terutama angan yang muluk-muluk, pengandaian;
    3. Berpegang kepada selain Allah;
    4. Perut yang kenyang, dalam artian kebanyakan makan;
    5. Kebanyakan tidur, membuat badan lemas dan tak bersemangat;
    6. Berlebih-lebihan dalam ucapan. Silence is gold. Tong kosong nyaring bunyinya.
    7. Berlebih-lebihan dalam pandangan. Banyak yang dilihat dapat menambah keinginan dan kecintaan pada dunia. Selain itu juga dapat menimbulkan zina mata bila melihat / memandang lawan jenis.

    0 Komentar:

    Post a Comment


    Perilaku Seindah Az-Zahrah


    Free Islamic Blogger Skin



     

    Free Web Counter
    ^semua hak guna rini @ 2007^