Catatanku | Pondok Muslimah | Free Skin 




End oggix.com ShoutBox -->
Widget_logo



Kabarku dari Twitter



    Friday, March 24, 2006

    Suami Lebih Muda ?

    pink"Rin, calon suamiku lebih muda usianya 2 tahun dariku."
    Pernyataan gitu engga cuma sekali kudengar. Sudah banyak wanita yang memiliki suami berusia lebih muda darinya. Cuma nih, banyak juga orang beranggapan menikah dengan pria yang usianya lebih muda, justru menimbulkan banyak masalah. Benarkah?

    Ada kekhawatiran memang, ketika seorang wanita mendapatkan suami yang lebih muda, pada saat usianya semakin senja, keadaan fisiknya mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia. Suami dikhawatirkan akan berpaling kepada wanita yang relatif lebih muda dan lebih menarik. Waduuuh, gitu ya? Hmmm....

    Kekhawatiran seperti itu sebenarnya ga perlu ada. Menurut pakarnya gitu. Apabila kita telah mempunyai dasar pemikiran yang benar, komitmen yang kuat dan rasa percaya terhadap pasangan, juga hati yang ikhlas dan ridha atas apapun yang akan terjadi nantinya merupakan perjalanan dari apa yang Allah tetapkan. Suami menyeleweng, itu kan bukan hanya dilakukan oleh suami yang istrinya lebih tua. Semua tergantung pada bagaimana ia memandang arti sebuah pernikahan. Kembali pada masalah akidah dan keimanannya, juga pada corak pribadi masing-masing (suami dan istri). Bagaimana cara mereka mengolah masalah yang kira-kira akan muncul dan bagaimana mengatasinya.

    Ada yang berpendapat, suami lebih muda punya kelebihan dalam memimpin keluarga, lebih bersemangat dalam mencari nafkah dan mencari ilmu. Wallahu A'lam.Di lain pihak, ada juga yang meragukan sifat kedewasaan dan kearifan sang suami muda ini sebagai kepala keluarga. Jangan-jangan,nanti justru istri yang harus mengayomi suami.

    Kali ini, masalah dari segi prikologis yang diungkit. Padahal nih, kedewasaan tidak dapat dikaitkan dengan usia seseorang. Ada kekhawatiran kedewasaan suami tidak bisa mengimbangi kedewasaan istri. Menurut Dr. Ahmad Lutfi Fathullah, MA kematangan mental seseorang untuk menikah sangat dipengaruhi oleh pola asuh dan pendidikan yang diterapkan dalam keluarga. Dampak psikologis yang umum terjadi pada pasangan seperti ini adalah istri yang memiliki rasa cemburu yang lebih besar dibanding pasangan lainnya. kekhawatiran dan anggapan kalau sang suami mulai menganggapnya tua dan mulai melirik wanita yang lebih muda. Pada suami, umumnya memaksakan dirinya untuk bisa tampli lebih dewasa dibanding sang istri. Wallahu A'lam. Namun, sekali lagi, menurut pakarnya, hal ini bukan masalah besar. Keputusan tetap di tangan pasangan yang bersangkutan. Sejauh mana mereka mengenal pasangan untuk bisa membuat kesepakatan demi mewujudkan keluarga yang samara.

    Masalah lain adalah masih adanya anggapan miring dalam masyarakat terhadap pernikahan seperti ini. Hal seperti ini bisa mempengaruhi niat pasangan untuk menikah. Kemantapan hati adalah solusinya. Jika kemantapan hati sudah ada, umumnya apapun kata orang tidak akan berpengaruh besar. Sesuatu hal yang baik atau buruk tidak diukur oleh enggapan orang lain, suara mayoritas manusia, melainkan apa yang baik bagi manusia menurut keimanan yang benar. Pendapat sinis orang-orang tidak usah ditanggapi.

    Setelah dibahas dari berbagai segi, pernikahan seperti ini dapat berjalan dengan baik, masalah yang dihadapai dapat diselesaikan dengna baik. Kita juga tau bagaimana pernikahan Rasulullah SAW dengan Bunda Khadijah (ra). Landasan hubungan yang kuat jauh-jauh hari sebelumnya harus dibangun. Dari sejak awal, cobalah untuk seling mengerti dan memahami sudaut pandang masing-masing. Sekali lagi, kalau sudah merasa cocok, siap dengan segala resiko, ya jalani saja. Kebahagiaan suatu pernikahan tidak melulu ditentukan oleh masalah perbedaan usia. wallahu A'lam.

    [Sumber: sumber utama Majalah Nabila dan beberapa sumber tambahan lainnya termasuk Abi Dzaki myQ]
    --When I fall in love it will be forever. InsyaAllah--

    10 Komentar:

    Blogger syafrina-siregar berkata...

    Emang umur gak bisa jadi patokan sih....kedewasaan dan kesiapan mental kan gak bisa dilihat dari tgl lahir.

    btw, insya Allah Juli aku pulang ke Medan. Ada aqiqah anak abangku.
    Ntar datang kerumah ya. Ntar kukasi alamatnya.

    24 March, 2006 14:26  
    Anonymous hanum berkata...

    Klo saya perhatikan..ikhwan lebih cepat matang dibanding akhwat. Juga lebih cepat tua (hehehe). Suami temenku lebih muda 6th dari istrinya. Tp setelah menikah...gak kelihatan klo usia mereka beda lumayan jauh :)

    24 March, 2006 14:57  
    Anonymous Anonymous berkata...

    rini nikah dengan ikhwan usia muda ya? hehe.... siapa nih? :))
    tell me bout your husband candidate?

    25 March, 2006 08:29  
    Blogger rini as berkata...

    @nana, ditunggu deh kabar selanjutnya. Kirim via email aja ya.

    @hanum. Iya memang nih, pria ada yang cepat matang. Tapi, kalau para ortu yang ngeliat, katanya tetep aja kliatan kalau si istri lebih tua dari suami... Hmmm, mata kita aja yang kurang jeli kayaknya.

    @yang di atas, gimana mau cerita kalau identitasnya ga dikasi tau. Misterius gitu

    Btw, napa maakin banyak yang pake rahasia-rahasiaan identitas gini ya?

    25 March, 2006 16:01  
    Anonymous Anonymous berkata...

    hehe... ukh rini, ngaku aja napa.. siapa orangnya? orang MyQers? IBM? kayaknya kenal ya? hehe..

    ggak rahasia indentitas kok, ukh rini sebenarnya kenal ak... :-P

    27 March, 2006 08:37  
    Anonymous Anonymous berkata...

    ups diatas salah nulis bukan IBM tapi harusnya IBM hehe...

    27 March, 2006 08:45  
    Blogger rini as berkata...

    yang anonymous yang itu tau sih ... kalo yang itu masih dimaklumi kok :P

    28 March, 2006 11:10  
    Anonymous Anonymous berkata...

    yang "anonymous" yang mana nih? khan ada beberapa orang hehe..
    jadi kapan nih nikahnya?

    28 March, 2006 16:16  
    Anonymous luthfie berkata...

    Alhamdulillah, istri saya tiga tahun lebih tua. Saya pikir, seorang ikhwan harus siap bertanggung jawab thd da'wah yang telah digulirkan, termasuk menikahi akhwat yang sudah cukup lama dalam "daftar tunggu" karena menjaga 'iffah-nya dengan tetap menjaga adab pencarian jodoh, yang peluangnya tidak seluas orang2 lain yang tidak tersentuh da'wah. Allaahu a'lam. Salam kenal.

    03 April, 2006 14:32  
    Anonymous Anonymous berkata...

    buat ahwat jgn u risau mendpatkan suami lbh muda.q pny penglamn prnh dkt dgn brondong , tp dia bisa berfkr scr dws.usia tdk mnejamin seseorg unt berfkr dws, tp lingkgn dan pengalmn yg mmbt org mnejd dws.
    q dl jg berfkr ign memdpatkan suami yg lbh tua,agr bis ngemong, tp apa kenyataannya dia td berfkr scr dws, mlh q yg srg ngemong dia

    22 September, 2009 14:59  

    Post a Comment


    Perilaku Seindah Az-Zahrah


    Free Islamic Blogger Skin



     

    Free Web Counter
    ^semua hak guna rini @ 2007^